SMK PRESTASI PRIMA

Mekanisme/Prosedur Pengayaan

  • Ketentuan pelaksanaan pengayaan

a) Pembelajaran pengayaan   merupakan   kegiatan   peserta   didik  yang  melampaui persyaratan  minimal  yang  ditentukan  oleh  kurikulum  dan  tidak  dilakukan  oleh semua Siswa SMK Prestasi Prima .

b) Pembelajaran pengayaan memberikan kesempatan bagi Siswa SMK Prestasi Prima  yang memiliki kelebihan sehingga mereka dapat mengembangkan minat dan bakat serta mengoptimalkan kecakapannya,

c) Bentuk pengayaan dapat berupa belajar mandiri yang berupa diskusi,tutor sebaya, membaca dan lain-lain  yang menekankan  pada penguatan  KD tertentu  dan tidak ada penilaian di dalamnya.

  • Teknis pelaksanaan pengayaan

a) Pelaksanaan pengayaan dapat dilakukan dalam bentuk:

1. Belajar Kelompok

Sekelompok  peserta  didik  yang  memiliki  minat  tertentu  diberikan pembelajaran  bersama  pada  jam  pelajaran  sekolah  biasa  sambil  menunggu Siswa SMK Prestasi Prima  lainnya yang mengikuti pembelajaran remedial karena belum mencapai ketuntasan.

2. Belajar mandiri

Siswa SMK Prestasi Prima  belajar secara mandiri mengenai sesuatu yang diminati.

3. Pembelajaran berbasis tema

Memadukan kurikulum di bawah tema besar sehingga Siswa SMK Prestasi Prima  dapat mempelajari hubungan antara berbagai disiplin ilmu.

4. Pemadatan kurikulum

Pemberian pembelajaran   hanya  untuk  kompetensi   yang  belum  diketahui Siswa SMK Prestasi Prima .   Dengan demikian tersedia waktu bagi Siswa SMK Prestasi Prima  untuk memperoleh kompetensi baru atau bekerja dalam proyek secara mandiri sesuai dengan kapasitas maupun kapabilitas masing-masing.

b) Sekolah memfasilitasi   peserta  didik  dengan  kelebihan   kecerdasan   dan  bakat istimewa  dalam  bentuk  kegiatan  pengembangan  diri  dengan  kompetensi  bidang sains, seni budaya, dan olahraga.

c) Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan dilakukan dalam bentuk portofolio dan dihargai sebagai nilai tambah dari Siswa SMK Prestasi Prima  yang normal.